OBJEK WISATA WADUK DARMA ” Kedepan akan menjadi Destinasi Wisata Konservasi “

By aktualid - Jumat, 31 Mei 2024 | 10:51 WIB | Views

OBJEK WISATA WADUK DARMA ” Kedepan akan menjadi Destinasi Wisata Konservasi “

Kuningan,Aktualid.net

Sekda Kabupaten Kuningan DR Dian Rahmat Yanuar MSi mengatakan pada Awak Media Diharapkan Objek Wisata Waduk Darma kedepannya harus jadi Tujuan Wisata Konservasi,Maka dari itu mari kita jaga kelestarian Alamnya dan terus di kembangkan dengan berbagai upaya menjaga lingkungan di Area Waduk Darma,Sekda mengtakan Dengan terus menanam segala jenis pohon dan menjadikan Waduk Darma menjadi Area Hijau dan akan tumbuh sebagai Hutan Mini yang indah dengan latar perairan dan Gunung Ciremai,mewujudkan tujuan Wisata dan juga sebagai sarana edukasi pada pengenalan alam dan lingkungan.

Sekda Dian pimpin langsung Gerakan GARPU SENDOK”

Saat ini Dam Waduk Darma banyak ditumbuhi Eceng Gondok yang menghampar memenuhi pinggir perairan umum Waduk Darma, menjadi perhatian  Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan bekerjasama nelayan, warga desa setempat dan  pihak lain  untuk melakukan Gerakan Bersama Penanggulangan Eceng Gondok (Garpu Sendok)  di Perairan Umum Waduk Darma, Jumat (31/5/2024).

Puluhan Perahu digunakan untuk mengangkut Eceng Gondok, pembersihan dipimpin Sekda Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si dimana turut langsung ketengah amparan eceng gondok, setelah terkumpul di daratan, ada juga yang dibuang  dibuang ke TPA menggunakan Dumtruck dari Dinas Lingkungan Hidup. Usai pembersihan, dilakukan juga penanaman pohon di kawasan Waduk Darma.

Sekda Dian mengatakan, gerakan ini dilakukan dengan memperhatikan kondisi  perairan Umum Waduk Darma saat ini banyak sekali tumbuh dan berkembang tanaman gulma dari jenis Eceng Gondok.

Menurutnya, jika kondisi ini dibiarkan maka akan menimbulkan dampak negatif terhadap ekosistem lingkungan perairan  dan  aktifitas  perairan  lainnya,  seperti  usaha  budidaya  ikan  keramba jaring apung, usaha penangkapan ikan, usaha jasa pariwisata dan usaha pemanfaatan sumberdaya  air lainnya.

“Dikarenakan tanaman  Eceng Gondok  merupakan  salah  satu spesies invasif berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia   tentang   Jenis Invasif,  oleh karena itu  perlu dilakukan langkah-langkah kongkrit untuk menanggulangi pertumbuhan tanaman eceng gondok agar tidak menimbulkan dampak yang lebih luas dan  lebih  merugikan.

Melalui gerakan ini, Dian RY menerangkan, sebagai upaya meningkatkan kesadaran kolektif bagaimana eceng gondok  dihadapi bersama-sama tidak parsial tapi holistik.  Berbagai cara kita lakukan disamping cara konpensional dengan ditarik lalu dikumpulkan ada juga yang dijadikan kompos. Namun bisa juga dengan memberikan predator untuk mengurangi  Eceng Gondok ini.

Gerakan Penangulangan Eceng Gondok (Garpu Sendaok) diikuti Kepala Dinas Perikan dan Peternakan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, ada juga dari Unit Pengelola Bendungan (UPB) BBWS Cimanuk Cisanggarung,  UPTD      Sumber    Daya      Air      Cimanuk     Cisanggarung, Satuan  Unit  Pelayanan  (SUP)  Kalijaga-Cisanggarung,  PT.   Jaswita   Jabar  (BUMD   Provinsi   Jawa  Barat) sebagai  pengelola Objek Wisata Waduk Darma.

Selain itu, PAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan, BPBD, Kapolsek Darma, Danramil Kadugede, LSM AKAR (Aktivitas Anak Rimba), Pokdarwis, Pokmaswas Mina Tirta Darma, KUB Mina Tirta (Nelayan Tangkap), BUMDES Mekar Jaya Desa Jagara, perwakilan dari desa sekitar, Koordinator Pembudidaya lkan KJA desa sekitar dan lainnya. 

Irman

Screenshot_2023-12-04-12-56-32-12_1c337646f29875672b5a61192b9010f9
IMG-20230712-WA0028
IMG-20240508-WA0064
IMG-20240616-WA0115
Jun 19, 2024

Kak Dian berharap, melalui kegiatan ini anggota Pramuka mampu mengaktualisasikan prestasi, kreativitas

Kak Dian berharap, melalui kegiatan ini anggota Pramuka mampu mengaktualisasikan…

Jun 19, 2024

Uha Juhana Ketua LSM PRONTAL melihat “94 Miliar Anggaran DAU Kabupaten KuninganDiduga Jadi Bancakan Pimpinan Daerah dan TAPD “

Uha Juhana Ketua LSM PRONTAL melihat “94 Miliar Anggaran DAU…

Jun 18, 2024

SUKU KEI

SUKU KEI Suku Kei adalah suku bangsa di Indonesiayang mendiami…

Jun 18, 2024

Heavy Metal ” Skid Row’ “18 and Life”

Skid Row’ “18 and Life” Skid Row merilis single mereka…

Jun 18, 2024

RPP PAC pemuda Pancasila Kecamatan Lebakwangi ” H Didi Tarmidi ajak semua anggota untuk terus membesarkan Organisasi “

RPP PAC pemuda Pancasila Kecamatan Lebakwangi ” H Didi Tarmidi…

Jun 18, 2024

Sekda Dian menyampaikan apresiasi atas kegiatan safari qurban dari yayasan Insan Nur Cendikia melalui Perkumpulan Rakyat Kuningan Bersatu

Sekda Dian menyampaikan apresiasi atas kegiatan safari qurban dari yayasan…

IMG-20240508-WA0072
1714379862927
Polish_20240211_045312529